MATERI
PELAJARAN
A.
Menjaga
Kelestarian Lingkungan
Manusia diciptakan Allah
swt. Untuk menjadi menjadi penghuni bumi dan sekaligus untuk menjadi
pengaturnya. Bahkan dengan tegas Allah menciptakan bumi sengaja untuk tempat
hidup manusia dan makhluk hidup lainya, seperti ditegaskan Allah dalam surah
Ar-Rahman ayat10. Manusia dan makhluk hidup lainya akan hidup dengan aman,
tentram dan senang, bila semua yang ada di muka bumi ini berjalan sesuai atiran
yang telah dibuat oleh Allah atau berjalan sesuai dengan sunnatullah.
Bila sunnatullah itu
dirubah oleh manusia, maka yang trjadi
adalah kerusakan-kerusakan alam khususnya manusia dan makhluk hidup lainya.
Tentang perintah untuk menjaga kelestarian alam dan tidak membuat kerusakan di muka
bumi ini Allah berfirman dalam surah Al-Furqon/25:45-50 yang artinya:
“Tidaklah engkau
memperhatikan (penciptaan) tuhanmu, bagaimana dia memanjangkan (dan
memendekkan) baying baying: dan sekiranya dia menghendaki, niscaya dia jadikan
(bayang-bayang itu) tetap, kemudian kami jadikan matahari sebagai petunjuk.
Kemudian kami menariknya (baying-bayang itu) kepada kami sedikit demi sedikit.
Dan dialah yang menjadikan malam untukmu (sebagai) pakaian, dan tidur untuk
istirahat, dan dia menjadikan siang untuk bangkit berusaha. Dan dialah yang
meniupkan angin (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan dia
menjadikan siang untuk bangkit berusaha. Dan dialah yang meniupkan angin
(sebagai) pembawa kabar gembira sebelum kedatangan rahmatnya (hujan) , dan kami
turunkan dari langit air yang sangat bersih., agar (dengan air itu) kami
menghidupkan negeri yang mati (tandus), dan kami member minum kepada sebagian
apa yang telah kami ciptakan,(bereupa) hewan-hewanternak dan manusia yang
banyak. Dan sungguh, kami telah mempergilirkan (hujan) itu diantara mereka agar
mereka mengambil pelajaran, tetapi kebanyakan manusia tidak mau (bersyukur), bahkan
mereka mengingkari (nikmat).”
Dan kalau kita perhatikan
semua yang diciptakan Allah itu bermanfaat bagi umat manusia, hanya kadang
manusia belum bias menangkap manfaat itu. Allah berfirman dalam surat Sad ayat
27, yang artinya :
“Dan kami tidak menciptakan
langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya dengan sia-sia. Itu anggapan
orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang yangf kafir itu karena mereka
akan masuk neraka.” (QS. Sad/38:27)
B.
Larangan
Membuat karusakan
Allah menciptakan bumi dan
seisinya sebagai tempat bagi mmanusia dan makhluk-makhluk lainya dan Allah
memerintahkan agar bumi dan isinya dirawan dan digunakan uuntuk kemanfaatan dan
kemaslahatan umat manusia. Oleh karena itu Allah sangat melarang berbuat
kerusakan di muka bumi seperti yang dijelaskan dalam firman Allah surat
Al-A’raf/7: 56-58 yang artinya:
“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah
(diciptakan)dengan baik. Berdoalah kepadanya dengan rasa takut dan penuh harap.
Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.
Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa kabar gembira, mendahului
kedatangan rahmatnya (hujan), apabila angin itu membawa awan mendung, kami
halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu. Kemudian
kami tumbuhkan dengan hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah kami
bangkitkan orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Dan
tanah yang baik, tanaman-tanamanya tumbuh subur dengan izin tuhan, dan tanah
yang buruk, tanaman-tanamanya yang tumbuh merana. Demikian kami menjelaskan
berulang-ulang tanda-tanda (kebesaran kami)
bagi orang-orang yang bersyukur.”
C.
Kerusakan
Alam Akibat Perbuatan Manusia
Allah memperingatkan bahwa
kerusakan yang terjadi di dalam dunia ini, baik di darat, laut maupun udara
adalah sebagian besar oleh ulah perbuatan manusia seperti yang telah dijelaskan
dalam firman Allah surat Ar-Rum/30: 41-42 yang artinya:
“Telah tampak kerusakan di
darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki
agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka
kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah (Muhammad), “Bepergianlah di bumi
lalu lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang dahulu. Kebanyakan dari mereka
adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).”
Dan untuk membuktikan bahwa
kerusakan-kerusakan itu adalah betul-betul akibat perbuatan manusia yang tidak
bertanggung jawab serta mengingkari nikmat Allah, kita dipersilahkan untuk
mengadakan penelitian terhadap bukti-bukti sejarah dari mereka yang telah
berbuat kerusakan itu dan bagaimana kesudahanya.
EVAUASI
A. Soal :
1. Allah menciptakan matahari dan bayanganya sebagai ?
2. Malam diciptakan Allah untuk ?
3. Allah menciptakan alam dan seisinya untuk kepentingan
?
4. Kerusakan telah terjadi di darat dan di laut
disebabkan ?
5. Kerusakan yang terjadi di laut dapat dicontohkan
seperti ?
B. Jawaban
soal di atas
1. Sebagai ptunjuk bagi umat manusia.
2. Manusia sebagai pakaian,pelindung dari mara bahaya dan
sebagai tempat beristirahat.
3. Manusia sebagai tempat hidup dan makhluk launya.
4. Ulah manusia.
5. Kerusakan tumbu karang, pencemaran limbah pabrik yang
dibuan di laut.
C. Penilaian
1.
Nilai maksimal
setiap soal 20
2.
Per aitem soal
jika benar mendapat nilai 20
3.
Jika setengah
benar mendapat 10
4.
Jika sala
mendapat 5
5.
Jika tidak ada
isinya maka nilainya 0
HASIL EVALUASI
SISWI KELAS XI
B MA RAUDLHATUL ULUM
II
PUTUK REJO GONDANG
LEGI MALANG
SKBM :75
No
|
Nama
|
Bidang Studi
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||||
1
|
Ahyainal Mardiyah
|
Qurdis
|
80
|
ü
|
|
2
|
Amiliyatus Sholihah
|
Qurdis
|
85
|
ü
|
|
3
|
Anisa Rahmawati
|
Qurdis
|
90
|
ü
|
|
4
|
Anisatul Janah
|
Qurdis
|
75
|
ü
|
|
5
|
Auliyatur Rohmah
|
Qurdis
|
80
|
ü
|
|
6
|
Ayu Wahyuni
|
Qurdis
|
85
|
ü
|
|
7
|
Firda Adila
|
Qurdis
|
90
|
ü
|
|
8
|
Lailatul Mukarromah
|
Qurdis
|
80
|
ü
|
|
9
|
Mariya Ulfah
|
Qurdis
|
85
|
ü
|
|
10
|
Millatush Sholihah
|
Qurdis
|
95
|
ü
|
|
11
|
Wulandari
|
Qurdis
|
70
|
ü
|
|
12
|
Shahro
|
Qurdis
|
75
|
ü
|
|
13
|
Siti Indrawati
|
Qurdis
|
70
|
ü
|
|
14
|
Sofiyatus Sholihah
|
Qurdis
|
90
|
ü
|
|
15
|
Sintia Wati
|
Qurdis
|
70
|
ü
|
|
16
|
Unzila Faitullilah
|
Qurdis
|
80
|
ü
|
|
17
|
Vika Faidatul Kamilya
|
Qurdis
|
85
|
ü
|
|
18
|
Wildanum Maqshuroh
|
Qurdis
|
90
|
ü
|
|
19
|
Zubaidah
|
Qurdis
|
85
|
ü
|
|
20
|
Wilda Hafidhotun n
|
Qurdis
|
75
|
ü
|
LEMBAR
KERJA DISKUSI
Nama Sekolah : MA RAUDLHATUL ULUM II PUTUKREJO
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester : XI
B/II/2013-2014
Alokasi Waktu : 2x45
Menit (1 x Pertemuan)
Ambil salah satu tema di bawah ini kemudian cari
jawabanya dengan berdiskusikan dengan kelompok masing-masing, kemudian presentasikan
di depan kelas dengan
perwakilan kelompokmu masing-masing.
Ø Mengapa manusia dilarang membuat kerusakan di muka
bumi ?
Ø dan apa akibat yang ditimbulkan oleh perbuatan rusak
manusia ?
Ø bagaimana cara meminimalisir kerusakan di bumi ?
Ø Bagaimana cara mengelola dan memanfaatkan sumber alam
dengan baik ?
LEMBAR
PENILAIAN DISKUSI KELOMPOK
Nama Sekolah : MA RAUDLHATUL ULUM II PUTUKREJO
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester : XI
B/II/2013-2014
Alokasi Waktu : 2x45
Menit (1 x Pertemuan)
No
|
Nama
Kelompok
|
Nilai
|
Ket.
Tuntas
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
2
3
4
5
|
Kelompok I
Kelompok II
Kelompok III
Kelompok IV
Kelompok V
|
80
85
80
80
80
|
ü
ü
ü
ü
ü
|
LEMBAR
PENGAMATAN DISKUSI KELOMPOK
Nama Sekolah : MA RAUDLHATUL ULUM II PUTUKREJO
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester : XI
B/II/2013-2014
Alokasi Waktu : 2x45
Menit (1 x Pertemuan)
No
|
Nama Siswi
|
Aspek
yang di amati
|
Ket.ketuntasan
|
|||
Keaktifan
|
Inisaitif
|
Kerja sama
|
ya
|
Tidak
|
||
1
|
Ahyainal Mardiyah
|
80
|
80
|
80
|
ü
|
|
2
|
Amiliyatus Sholihah
|
85
|
80
|
90
|
ü
|
|
3
|
Anisa Rahmawati
|
75
|
90
|
85
|
ü
|
|
4
|
Anisatul Janah
|
75
|
85
|
75
|
ü
|
|
5
|
Auliyatur Rohmah
|
80
|
75
|
80
|
ü
|
|
6
|
Ayu Wahyuni
|
80
|
80
|
75
|
ü
|
|
7
|
Firda Adila
|
90
|
75
|
80
|
ü
|
|
8
|
Lailatul Mukarromah
|
85
|
85
|
90
|
ü
|
|
9
|
Mariya Ulfah
|
75
|
75
|
75
|
ü
|
|
10
|
Millatush Sholihah
|
80
|
80
|
75
|
ü
|
|
11
|
Wulandari
|
75
|
75
|
80
|
ü
|
|
12
|
Shahro
|
80
|
80
|
75
|
ü
|
|
13
|
Siti Indrawati
|
90
|
90
|
80
|
ü
|
|
14
|
Sofiyatus Sholihah
|
75
|
75
|
80
|
ü
|
|
15
|
Sintia Wati
|
75
|
75
|
85
|
ü
|
|
16
|
Unzila Faitullilah
|
80
|
80
|
75
|
ü
|
|
17
|
Vika Faidatul Kamilya
|
75
|
75
|
75
|
ü
|
|
18
|
Wildanum Maqshuroh
|
80
|
80
|
80
|
ü
|
|
19
|
Zubaidah
|
80
|
80
|
80
|
ü
|
|
20
|
Wilda Hafidhotun n
|
85
|
85
|
90
|
ü
|
ANALISIS
HASIL UJI KOMPETENSI
Nama Sekolah : MA RAUDLHATUL ULUM II PUTUKREJO
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester : XI
B/II/2013-2014
Alokasi Waktu : 2x45
Menit (1 x Pertemuan)
No
|
Nama Siswi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
% Hasil
|
Skor
|
Ketuntasa
|
|
3
|
1
|
2
|
2
|
2
|
ya
|
Tidak
|
||||
1
|
Ahyainal Mardiyah
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
10%
|
100
|
ü
|
|
2
|
Amiliyatus Sholihah
|
3
|
2
|
1
|
1
|
1
|
90%
|
90
|
ü
|
|
3
|
Anisa Rahmawati
|
3
|
3
|
1
|
1
|
2
|
10%
|
100
|
ü
|
|
4
|
Anisatul Janah
|
2
|
1
|
1
|
2
|
2
|
8%
|
80
|
ü
|
|
5
|
Auliyatur Rohmah
|
1
|
2
|
1
|
2
|
3
|
9%
|
90
|
ü
|
|
6
|
Ayu Wahyuni
|
3
|
2
|
1
|
1
|
2
|
9%
|
90
|
ü
|
|
7
|
Firda Adila
|
3
|
2
|
1
|
1
|
1
|
8%
|
80
|
ü
|
|
8
|
Lailatul Mukarromah
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
8%
|
80
|
ü
|
|
9
|
Mariya Ulfah
|
1
|
2
|
1
|
2
|
2
|
8%
|
80
|
ü
|
|
10
|
Millatush Sholihah
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10%
|
100%
|
ü
|
|
11
|
Wulandari
|
3
|
2
|
2
|
2
|
1
|
10%
|
100%
|
ü
|
|
12
|
Wulandari
|
2
|
1
|
1
|
2
|
1
|
7%
|
70%
|
ü
|
|
13
|
Siti Indrawati
|
3
|
2
|
1
|
2
|
1
|
9%
|
90%
|
ü
|
|
14
|
Sofiyatus Sholihah
|
1
|
2
|
3
|
2
|
1
|
9%
|
90%
|
ü
|
|
15
|
Sintia Wati
|
1
|
2
|
2
|
2
|
1
|
8%
|
80%
|
ü
|
|
16
|
Siti Indrawati
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2
|
7%
|
70%
|
ü
|
|
17
|
Vika Faidatul Kamilya
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9%
|
90
|
ü
|
|
18
|
Sintia Wati
|
2
|
1
|
2
|
1
|
1
|
7%
|
70%
|
ü
|
|
19
|
Zubaidah
|
1
|
3
|
2
|
2
|
1
|
9%
|
90%
|
ü
|
|
20
|
Wilda Hafidhotun n
|
ü
|
NAMA
SISWI YANG MENGIKUTI PROGRAM
REMIDI
DAN PENGAYAAN
Nama Sekolah : MA RAUDLHATUL ULUM II PUTUKREJO
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester : XI
B/II/2013-2014
Alokasi Waktu : 2x45
Menit (1 x Pertemuan)
No
|
Nama
yang Mengikuti Perbaikan/ Pengayaan
|
1
|
Wulandari
|
2
|
Siti Indrawati
|
3
|
Sintia Wati
|
LEMBAR
SOAL REMIDI
Nama Sekolah : MA RAUDLHATUL ULUM II PUTUKREJO
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester : XI
B/II/2013-2014
Alokasi Waktu : 2x45
Menit (1 x Pertemuan)
Soal:
1.
Semua nikmat
yang ada di langit dan di bumi diciptakan Allah untuk siapa?
2.
Mengapa manusia
disuru mengingat dan memperhatikan nikmat Allah ?
3.
Apa manfaat air
bagi manusia dan makhluk lainya ?
4.
Kita umat Islam
dilarang membuat kerusakan di muka bumi ini. Sebutkan contoh-contoh perbuatan
kerusakan yang anda ketahui!
5.
Bagaimana cara
meminimalisir kerusakan di bumi ?
Jawaban:
1.
Untuk kebutuhan
hidup manusia dan makhluk-makhluk lainya.
2.
Agar manusia mau
bersyukur.
3.
Air digunakan
untuk kebutuhan primer dan sekunder manusia.
4.
Penebangan hutan
secara ilegal dan tidak memperdulikanya, membuang sampah sembarangan.
5.
Melakukan
Penghijauan Hutan, pembersian sampah dan diadakan pembangunan, pendidikan agama
lebih ditingkatkan.
IDENTITAS
Tulisan
ini diposkan oleh : Najmal Falaq
Tgl./Bulan/Tahun : 17 januari 2015
Alamat : Malang Jawa Timur, indonesia
Nomer
telefon : 081555906438
No comments:
Post a Comment