PERNYATAAN KEASLIAN
Demi Allah swt., saya menyatakan dengan sebenar-benarnya
bahwa laporan penelitian yang berjudul:
PENERAPAN METODE
DEMONSTRASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN
PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA PENGURUSAN JENAZAH KELAS
XB MA RAUDLATUL ULUM II PUTUKREJO
adalah benar-benar karya tulis ilmiah saya sendiri, bukan hasil plagiasi
dari karya tulis ilmiah orang lain. Apabila di kemudian hari terbukti bahwa
laporan penelitian saya ini merupakan hasil plagiasi, maka saya menyatakan siap
menanggung segala konsekuensi hukumnya, termasuk pencabutan kesahan laporan
penelitian ini berikut gelar akademik saya.
|
Malang, 7 Oktober 2014.
|
|
|
|
Peneliti,
|
|
|
|
NAJMAL FALAQ
|
|
NIM. 201008400010089
NIMKO. 2010.4.084.0001.1.00357
|
PERSETUJUAN PEMBIMBING I
Setelah memeriksa dan menelaah aspek materi dan metode
penelitian pada naskah skripsi:
Judul : PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN
PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA PENGURUSAN JENAZAH KELAS
XB MA RAUDLATUL ULUM II PUTUKREJO
Nama Peneliti : Najmal Falaq
NIM : 201008400010089
NIMKO : 2010.4.084.0001.1.00357
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
maka saya nyatakan bahwa naskah skripsi tersebut telah memenuhi syarat
untuk diujikan dalam Sidang Ujian Skripsi (Munaqasyah).
|
Malang, 7 Oktober 2014.
|
|
|
Mengetahui:
|
Pembimbing I,
|
Kaprodi PAI
|
|
Muhammad Adib, M.Ag.
|
Mudhofar,
S.Ag.,S.Pd., M.A.
|
NIY. 1999.01.024
|
NIY. 1999.01.025
|
PERSETUJUAN PEMBIMBING II
Setelah memeriksa dan menelaah aspek materi dan metode
penelitian pada naskah skripsi:
Judul : PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN
PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA PENGURUSAN JENAZAH KELAS
XB MA RAUDLATUL ULUM II PUTUKREJO
Nama Peneliti : Najmal Falaq
NIM : 201008400010089
NIMKO : 2010.4.084.0001.1.00357
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
maka saya nyatakan bahwa naskah skripsi tersebut telah memenuhi syarat
untuk diujikan dalam Sidang Ujian Skripsi (Munaqasyah).
|
Malang, 7 Oktober 2014.
|
|
|
Mengetahui:
|
Pembimbing II,
|
Kaprodi PAI
|
|
Muhammad Adib, M.Ag.
|
Hairul Puadi, M.A.
|
NIY. 1999.01.024
|
NIY. 2003.01.035
|
PENGESAHAN SKRIPSI
Skripsi yang berjudul:
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN
PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA PENGURUSAN JENAZAH KELAS
XB MA RAUDLATUL ULUM II PUTUKREJO
Nama Peneliti : Najmal Falaq
NIM : 201008400010089
NIMKO : 2010.4.084.0001.1.00357
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
dinyatakan telah memenuhi syarat untuk disahkan.
|
Malang, ... Oktober 2014.
|
|
|
|
|
Ketua Sidang,
|
Sekretaris Sidang,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penguji
Utama,
|
||
|
|
|
|
||
|
||
|
|
|
Mengesahkan:
Ketua STAI
Al-Qolam,
|
||
|
|
|
Drs. Nur Qomari, M.Si.
|
||
NIY.
1999.01.020
|
MOTTO
الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ شَهِدَ اللَّهُ
أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا
بِالْقِسْطِ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ
“Allah
menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia,
Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga
menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan
Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” [Ali Imraan : 18]
PEDOMAN TRANSLITERASI
Transliterasi Arab-Latin yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman
transliterasi yang berlaku dalam penulisan
karya ilmiah di lingkungan STAI Al-Qolam yang
mengacu kepada Pedoman Transliterasi Arab-Latin model L.C. (Library of Congress) Washington
D.C. Amerika Serikat dengan sedikit modifikasi.
A.
Penulisan
Huruf
1.
Konsonan
NO.
|
TRANSLITERASI
|
KETERANGAN
|
|
ARAB
|
LATIN
|
||
1
|
ا
|
A
|
|
2
|
ب
|
B
|
|
3
|
ت
|
T
|
|
4
|
ث
|
Ts
|
|
5
|
ج
|
J
|
|
6
|
ح
|
H
|
Klik U
atau tekan tombol “Control” + “U”
|
7
|
خ
|
Kh
|
|
8
|
د
|
D
|
|
9
|
ذ
|
Dz
|
|
10
|
ر
|
R
|
|
11
|
ز
|
Z
|
|
12
|
س
|
S
|
|
13
|
ش
|
Sy
|
|
14
|
ص
|
Sh
|
|
15
|
ض
|
Dl
|
|
16
|
ط
|
Th
|
|
17
|
ظ
|
Zh
|
|
NO.
|
TRANSLITRASI
|
KETERANGAN
|
|
ARAB
|
LATIN
|
||
18
|
ع
|
‘
|
Apostrof terbalik (tekan tombol “Control” + “~”)
|
19
|
غ
|
gh
|
|
20
|
ف
|
f
|
|
21
|
ق
|
q
|
|
22
|
ك
|
k
|
|
23
|
ل
|
l
|
|
24
|
م
|
m
|
|
25
|
ن
|
n
|
|
26
|
و
|
w
|
|
27
|
هـ
|
h
|
|
28
|
ء
|
’
|
|
29
|
ي
|
y
|
|
2.
Bacaan Tasydīd
Untuk bacaan tasydīd, huruf yang bersangkutan ditulis ganda
sebagaimana bunyinya.
ARAB
|
LATIN
|
السيد محمد المظفري
|
Al-Sayyid Muhammad
al-Muzhaffarī
|
المدرس المكرم الموقر
|
Al-mudarris
al-mukarram al-muwaqqar
|
3.
Vokal
Dalam
mengalihkan bunyi tulisan Arab ke dalam tulisan latin, vokal fathah
ditulis dengan “a”, kasrah dengan “i”, dlammah dengan “u”.
ARAB
|
LATIN
|
مدرس المدرسة
|
Mudarris al-madrasah
|
السيد محمد بن علوي المكي
|
Al-Sayyid Muhammad
‘Alawī al-Makkī
|
4.
Bacaan
Panjang
Untuk bacaan panjang (dalam ilmu qirā’ah disebut “madd”),
vokal fathah ditulis dengan “Ā” atau “ā”, kasrah dengan
“Ī” atau “ī” dan dlammah dengan “Ū” atau “ū”.
ARAB
|
LATIN
|
سلام على إبراهيم
|
Salām ‘alā Ibrāhīm.
|
الإسلام يعلو ولا يعلى عليه
|
Al-Islām ya‘lū wa lā yu‘la ‘alayh
|
5.
Bacaan
Diftong
Diftong adalah huruf vokal ganda, misalnya bunyi “ai” dalam
kata “santai” dan “au” dalam kata “kerbau”). Dalam pedoman transliterasi ini,
bunyi diftong ditulis dengan “ay” untuk huruf yā’ mati atau “aw” untuk
huruf wāw mati.
ARAB
|
LATIN
|
ابن تيمية، سليمان ، البيهقي
|
Ibn Taymiyyah, Sulaymān,
al-Bayhaqī
|
الأوهام ، الأيدي ، يوم المولد
|
Al-Awhām, al-Aydī,
yawm al-mawlid
|
6.
Huruf Tā’ Marbūthah ( ﺓ ) atau ( ﺔ )
Tā’ Marbūthah ( ﺓ ) atau ( ﺔ ) ditulis dengan bunyi huruf “h”, baik ketika ada pada kata yang
berdiri sendiri ataupun kata yang bersambung dengan kata yang lain (mudlāf).
ARAB
|
LATIN
|
رائحة الجنة المسكية
|
Rā’ihah al-jannah
al-miskiyyah
|
بداية المجتهد ونهاية المقتصد
|
Bidāyah
al-Mujtahid wa Nihāyah al-Muqtashid
|
7.
Huruf Alif dan Lām ( ﻞﺍ )
Huruf Alif
dan Lām ( ﻞﺍ ) tetap ditulis “al-“, meskipun bergandengan dengan huruf syamsiyyah, di mana bunyi “al-” melebur ke dalamnya. Meskipun tetap
ditulis “al-”, namun pembacaannya harus tetap mencerminkan karakteristik
huruf-huruf syamsiyyah.
ARAB
|
LATIN
|
روح
الشّريعة الغرّاء
|
Rūh
al-syarī‘ah
al-gharrā’.
|
جزيلة
الصّالحة البرّة المحبوبة
|
Jazīlah
al-shālihah
al-barrah
al-mahbūbah
|
8.
Huruf Yā’ Nisbah ( ياء النسبة
)
Huruf Yā’ nisbah, baik untuk
nama orang maupun untuk yang lainnya, apabila bergandeng dengan tā’
Marbūthah ( ﺔ ), maka ditulis sama dengan huruf yā’ tasydīd ( ياء المشددة
); jika tidak bergandeng dengan tā’ Marbūthah ( ﺔ ), maka ditulis sama
dengan vokal panjang, yaitu “ ī ”.
ARAB
|
LATIN
|
حليمة
السعدية
|
Halīmah
al-Sa‘diyyah
|
النووي
الجاوي البنتني
|
Al-Nawawī al-Jāwī al-Bantanī
|
B.
Penulisan
Kata
Dalam
sistem transliterasi, tulisan Arab dialihkan ke dalam tulisan latin kata per
kata. Artinya, setiap kata ditulis secara mandiri dan terpisah dari kata
sebelum dan sesudahnya. Hal ini berlaku bahkan untuk nama orang.
Bunyi fathah, kasrah dan dlammah
pada setiap akhir kata tidak perlu ditulis. Kata yang bersangkutan ditulis
selayaknya bunyi “bacaan berhenti” (waqf) dalam sistem pembacaan teks
Arab. Bagitu juga halnya dengan bunyi tanwīn kasrah dan dlammah.
Sementara bunyi tanwīn fathah dibedakan antara yang berada
pada huruf tā’ marbūthah dan huruf lainnya. Untuk yang pertama, bunyi tanwīn
tidak perlu ditulis, sementara untuk yang kedua, bunyi tanwīn fathah
ditulis sebagaimana pengucapannya.
ARAB
|
LATIN
|
المصلحة
عند الإمام الغزالي
|
Al-Mashlahah ‘ind al-Imām al-Ghazālī
|
الإصابة
في تمييز الصحابة
|
Al-Ishābah fī Tamyīz al-Shahābah
|
الإسلام
عقيدةً وشريعةً
|
Al-Islām ‘Aqīdah wa Syarī‘ah
|
لغةً
واصطلاحا
|
Lughah wa Ishthilāhan
|
حنيفاً
مسلماً
|
Hanīfan Musliman
|
عبد
الله بن عبد الرحمن
|
‘Abd Allāh ibn ‘Abd al-Rahmān
|
C.
Penulisan Istilah
Istilah-istilah asing ditulis dengan huruf cetak miring,
seperti maqāshid al-syarī‘ah dan tafsīr al-nushūsh. Sementara
istilah-istilah atau nama-nama asing yang sudah diserap ke dalam Bahasa
Indonesia ditulis cukup menurut pengucapan bangsa Indonesia dan tanpa cetak
miring. Contohnya adalah Abdurrahman Wahid, Amin Rais, Mesir, Saudi Arabia,
syari‘ah, Fakultas Ushuluddin, dan sebagainya.
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadiran Allah swt. Yang telah
melimpahkan segala rahmat, taufik dan hidayahnya sehingga penulis mampu
menyelesaikan skripsi yang berjudul: “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan
Pemahaman Siswa Pada Pelajaran Fiqih Materi Tata Cara Pengurusan Jenazah Di
Kelas XB Ma Raudlatul Ulum II Putukrejo”.
Shalawat
serta salam penulis haturkan keharibaan sang pendidik sejati Rasulullah saw,
serta para sahabat, tabi’in dan para umat yang senantiasa berjalan dalam
risalahnya.
Dengan
selesainya laporan penelitian ini penulis tidak lupa menghaturkan terima kasih
yang setulus-tulusnya kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangan baik
material maupun spiritual.
Selanjutnya dengan segala
kerendahan hati penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada:
1. Kepada
ayahanda dan ibunda sekeluarga yang senantiasa mendo’akan kami dan senantiasa
memberikan dorongan material maupun darongan imaterial.
2. Ketua
STAI Al-QOLAM Putat Lor Gondang Legi Malang, yang telah memberikan bimbingan
serta lindungan dalam pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK) berasal
dari istilah bahasa Inggris Classroom Action Research.
3. Dosen
pembimbing sekeripsi, bapak Mudoffar, S.Ag., S. Pd., M.A., dan Hairul Puadi, M.A yang telah banyak membimbing saya dalam
penyusunan skripsi ini.
4. Kepala
sekolah MA Raudhlatul Ulum II Putukrejo Gondang Legi Malang yang telah
memberikan banyak bantuan pada saya dalam mengenal dan memahami lingkungan yang
ada di sekitar MA Raudhlatul Ulum II Putukrejo khususnya siswa kelas XB.
5. Guru
bidang study mata pelajaran Fiqih yang banayak membantu saya baik dalam
pengumpulan informasi maupun dalam berkomunikasi dengan siswi di kelas XB
maupun di luar kelas.
6. Wali
kelas XB yang banyak membantu dalam proses mengenal siswi di dalam kelas.
7. Semua
siswi MA Raudlhatul Ulum II Putukrejo Gondang Legi Malang yang selalu memabantu saya baik dalam proses
belajar mengajar maupun dalam proses di luar kelas.
8. Teman-teman
mahasiswa STAI AL- QOLAM semester VIII
yang memberikan inspirasi dan motivasi dalam penyusunan skripsi.
9. Semua
pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu per-satu yang telah membantu mensukses
kan penyusunan skripsi ini.
Akhirnya
saya sebagai peneliti mengucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf atas
segala kesalahan dan kekhilafan selama beraktifitas dengan staf dan siswa,siswi
MA Raudhlatul Ulum II Putukrejo Gondang Legi Malang.Dalam penyusunan laporan
ini saya sadar masih jauh dari kata kesempurnaan, oleh karena itu kritik konstruktif
demi perbaikan karya tulis kami di masa mendatang sangat kami harapkan. Laporan
ini saya buat dengan sebaik-baiknya tanpa mengurangi akurasi dan kevalidan data
yang ada.Saya tidak dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat, semoga amal
baik bapak/ibu guru serta semua siswa,siswi MA Raudhlatul Ulum II Putukrejo
Gondang Legi Malang mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Sekali
lagi saya ucapkan “ Syukron Khatshir” atas semua bantuan dari kalian saya tidak
bisa membalas apapun yang bermakna, saya hanya bisa membalas semua ini dengan
kata terima kasih yang tak terhingga dan do’a yang tiada henti, teriring do’a
kami melangkah ke arah depan untuk menjadi insan yang lebih baik.
ABSTRAK
Najmal Falaq. 2014. Metode Demonstrasi dengan Media Audio Visual Untuk
Meningkatkan Pemahaman Siswa.
Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Al-Qolam Gondanglegi Malang.
Pembimbing I: Mudhofar,
S.Ag.,S.Pd., M.A. Pembimbing II:
Hairul Puadi, M.A. .
Kata-kata Kunci: Metode Demonstrasi Dan Media
Audio Visual, Pemahaman Siswa.
Fokus
penelitian ini ditekankan pada analisis tentang: 1) Metode demonstrasi dan 2)
bagaimana metode demonstrasi dan media audio visual dalam meningkatkan
pemahaman siswa. Analisis dilakukan dengan mengombinasikan metode dan media
tersebut dengan proses belajar mengajar siswa.
Dengan
menerapkan pembelajaran demonstrasi, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa
metode demonstrasi yang dipadukan dengan media audio visual dapat meningkatkan
pemahaman siswa. Metode tersebut saling berkaitan dalam peningkatan pemahaman
siswa khususnya pada materi tata cara pengurusan jenazah.
ABSTRACT
Najmal Falaq. 2013 Demonstration
Methods With Audio Visual Media To Improve
Student Comprehension. Islamic Education Studies Program (PAI) STAI
Al-Qolam Gondanglegi
Malang. Supervisor I: Mudhofar, S.Ag., S. Pd.,
M.A. Supervisor II:
Hairul Puadi, M.A.
Key Words: Demonstration Methods And
Audio Visual Media, Understanding
Students.
The focus of this study focused on an
analysis of: 1) Method demonstrations and 2)
how the method of demonstration and audio-visual
media in increasing student understanding.
The analysis was
performed
by combining the methods
and media with
the learning process of students.
By applying the demonstration
of learning, this study resulted in the finding that the demonstration method combined
with the audio-visual media can enhance
students' understanding. The method is related in particular to
increase student understanding of
the material bodies of the maintenance procedures.
DAFTAR ISI
SAMPUL
LUAR……………………………………………………………
|
i
|
|||
HALAMAN
JUDUL……………………………………………………......
|
ii
|
|||
PERNYATAAN
KEASLIAN……………………………………………....
|
iii
|
|||
HALAMAN
PERSETUJUAN PEMBIMBING…………………………….
|
iv
|
|||
HALAMAN
PENGESAHAN………………………………………………
|
vi
|
|||
HALAMAN
MOTTO……………………………………………………….
|
vii
|
|||
PEDOMAN
TRANSLITERASI…………………………………………….
|
viii
|
|||
KATA
PENGANTAR………………………………………………………
|
xii
|
|||
ABSTRAK…………………………………………………………………..
|
xv
|
|||
DAFTAR
ISI………………………………………………………………...
|
||||
DAFTAR
TABEL…………………………………………………………...
|
||||
BAB I
|
:
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
|
A.
|
Latar
Belakang Masalah …….………………………...
|
1
|
|
|
B.
|
Rumusan Masalah
…….............................................
|
6
|
|
|
C.
|
Tujuan
Penelitian……………………………………....
|
7
|
|
|
D.
|
Kegunaan
Penelitian…………………………………...
|
7
|
|
|
E.
|
penelitian
Terdahulu…………………………………...
|
8
|
|
|
F.
|
Sistematika
Pembahasan……………………………….
|
10
|
BAB II
|
:
|
PENGERTIAN
METODE DEMONSTRASI, MEDIA AUDIO VISUAL, PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN TATA CARA
PENGURUSAN JENAZAH
|
|
|
|
|
A.
|
Pengertian Metode..........................................................
|
11
|
|
|
B.
|
Metode Demonstrasi.......................................................
|
12
|
|
|
C.
|
Media Audio
Visual…………….……………………...
|
20
|
|
|
D.
|
Peningkatan…………………………………………….
|
26
|
|
|
E.
|
Pemahaman…………………………………………….
|
27
|
|
|
F.
|
Pengertian
jenazah……………………………………..
|
28
|
BAB III
|
:
|
METODOLOGI
PENELITIAN
|
|
|
|
|
A.
|
Metode Penelitian…..………………………………….
|
41
|
|
|
B.
|
Jenis
dan Pendekatan Penelitian……………………….
|
47
|
|
|
C.
|
Kehadiran
Peneliti……………………………………...
|
48
|
|
|
D.
|
Setting
Penelitian………………………………………
|
49
|
|
|
E.
|
Sumber
Data…………………………………………..
|
50
|
|
|
F.
|
Teknik
Pengumpulan Data……………………………..
|
51
|
|
|
G.
|
Teknik
Analisis Data…………………………………..
|
54
|
|
|
H.
|
Teknik
kalibrasi Keabsahan Data…………………….
|
61
|
|
|
I.
|
Prosedur
PTK…………………………………………
|
62
|
|
|
J.
|
Instrumen
penelitian…………………………………..
|
66
|
|
|
K.
|
Indikator
Kinerja………………………………………
|
69
|
BAB IV
|
:
|
PAPARAN
DATA DAN HASIL PENELITIAN
|
|
|
|
|
A.
|
Paparan Data.................................................................
|
70
|
|
|
B.
|
Pera Penelitian…………………………………………
|
72
|
|
|
C.
|
Hasil Analisis penelitian Siklus I……………………..
|
73
|
|
|
D
|
Hasil Analisis penelitian Siklus
II…………………….
|
80
|
|
|
E.
|
Pembahasan dan Refleksi……………………………..
|
86
|
BAB
V
|
:
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
A.
|
Kesimpulan…………………………………………….
|
90
|
|
|
B.
|
Saran…………………………………………………...
|
92
|
DAFTAR
PUSTAKA
|
|
|||
LAMPIRAN-LAMPIRAN
|
|
Tulisan
ini diposkan oleh: Najmal Falaq
Tgl./Bulan/Tahun : 10 januwari 2015
Nomer
telefon : 081555906438
Imail : najmalfalah@yahoo.co.id
DAFTAR
TABEL
Tabel 3.1.
|
:
|
Jadwal Penelitian………………………………………..
|
49
|
Tabel 3.2.
|
:
|
Indikator
Penilaian Pemahaman Peserta Didik…………
|
56
|
Tabel 3.3.
|
:
|
Interval
Sekor Pemahaman Peserta Didik…..……………
|
58
|
Tabel 3.4.
|
:
|
Indikator
Demonstrasi Siswa……………………………
|
58
|
Tabel 3.5.
|
:
|
Interval
Sekor Demonstrasi Peserta Didik………………
|
60
|
Tabel 4.1.
|
:
|
Sekor
penilaian pemahaman peserta didik………………
|
75
|
Tabel 4.2.
|
:
|
Sekor
demonstrasi peserta didik………………………….
|
76
|
Tabel 4.3.
|
:
|
Hasil
tes formatif siswa…………………………………
|
77
|
Tabel 4.4.
|
:
|
Sekor
penilaian pemahaman siswa……………………….
|
82
|
Tabel 4.5.
|
:
|
Sekor
demonstrasi peserta didik………………………….
|
83
|
Tabel 4.6.
|
:
|
Hasil
tes formatif siswa…………………………………
|
84
|
Tabel 4.7.
|
:
|
Peningkatan
Pemahaman Peserta Didik………………….
|
86
|
Tabel 4.8.
|
:
|
Peningkatan
Pemahaman Peraktek Peserta Didik………
|
87
|
Tabel 4.9.
|
:
|
Peningkatan
Hasil Test Peserta Didik……………………
|
88
|
No comments:
Post a Comment