January 9, 2015

SKRIPSI NAJMAL FALAH BAGIAN AWAL



PERNYATAAN KEASLIAN




Demi Allah swt., saya menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa laporan penelitian yang berjudul:

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA PENGURUSAN JENAZAH KELAS XB MA RAUDLATUL ULUM II PUTUKREJO

adalah benar-benar karya tulis ilmiah saya sendiri, bukan hasil plagiasi dari karya tulis ilmiah orang lain. Apabila di kemudian hari terbukti bahwa laporan penelitian saya ini merupakan hasil plagiasi, maka saya menyatakan siap menanggung segala konsekuensi hukumnya, termasuk pencabutan kesahan laporan penelitian ini berikut gelar akademik saya.



Malang,  7 Oktober 2014.



Peneliti,








NAJMAL FALAQ

NIM. 201008400010089
NIMKO. 2010.4.084.0001.1.00357






PERSETUJUAN PEMBIMBING I


Setelah memeriksa dan menelaah aspek materi dan metode penelitian pada naskah skripsi:

Judul                      : PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA PENGURUSAN JENAZAH KELAS XB MA RAUDLATUL ULUM II PUTUKREJO
Nama Peneliti        : Najmal Falaq
NIM                       : 201008400010089
NIMKO                 : 2010.4.084.0001.1.00357
Program Studi        : Pendidikan Agama Islam (PAI)

maka saya nyatakan bahwa naskah skripsi tersebut telah memenuhi syarat untuk diujikan dalam Sidang Ujian Skripsi (Munaqasyah).







Malang, 7 Oktober 2014.


Mengetahui:
Pembimbing I,
Kaprodi PAI






Muhammad Adib, M.Ag.
Mudhofar, S.Ag.,S.Pd., M.A.
NIY. 1999.01.024
NIY. 1999.01.025




PERSETUJUAN PEMBIMBING II


Setelah memeriksa dan menelaah aspek materi dan metode penelitian pada naskah skripsi:

Judul                      : PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA PENGURUSAN JENAZAH KELAS XB MA RAUDLATUL ULUM II PUTUKREJO
Nama Peneliti        : Najmal Falaq
NIM                       : 201008400010089
NIMKO                 : 2010.4.084.0001.1.00357
Program Studi        : Pendidikan Agama Islam (PAI)

maka saya nyatakan bahwa naskah skripsi tersebut telah memenuhi syarat untuk diujikan dalam Sidang Ujian Skripsi (Munaqasyah).







Malang, 7 Oktober 2014.


Mengetahui:
Pembimbing II,
Kaprodi PAI






Muhammad Adib, M.Ag.
Hairul Puadi, M.A.
NIY. 1999.01.024
NIY. 2003.01.035





PENGESAHAN SKRIPSI


Skripsi yang berjudul:

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA PENGURUSAN JENAZAH KELAS XB MA RAUDLATUL ULUM II PUTUKREJO

Nama Peneliti        : Najmal Falaq
NIM                       : 201008400010089
NIMKO                 : 2010.4.084.0001.1.00357
Program Studi        : Pendidikan Agama Islam (PAI)

dinyatakan telah memenuhi syarat untuk disahkan.


Malang, ... Oktober 2014.


Ketua Sidang,
Sekretaris Sidang,











Penguji Utama,














Mengesahkan:
Ketua STAI Al-Qolam,







Drs. Nur Qomari, M.Si.

NIY. 1999.01.020







MOTTO

الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ
Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” [Ali Imraan : 18]



PEDOMAN TRANSLITERASI



Transliterasi Arab-Latin yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman transliterasi yang berlaku dalam penulisan karya ilmiah di lingkungan STAI Al-Qolam yang mengacu kepada Pedoman Transliterasi Arab-Latin model L.C. (Library of Congress) Washington D.C. Amerika Serikat dengan sedikit modifikasi.

A.    Penulisan Huruf
1.      Konsonan

NO.
TRANSLITERASI
KETERANGAN
ARAB
LATIN
1
ا
A

2
ب
B

3
ت
T

4
ث
Ts

5
ج
J

6
ح
H
Klik U atau tekan tombol “Control” + “U”
7
خ
Kh

8
د
D

9
ذ
Dz

10
ر
R

11
ز
Z

12
س
S

13
ش
Sy

14
ص
Sh

15
ض
Dl

16
ط
Th

17
ظ
Zh

NO.
TRANSLITRASI
KETERANGAN
ARAB
LATIN
18
ع
Apostrof terbalik (tekan tombol “Control” + “~”)
19
غ
gh

20
ف
f

21
ق
q

22
ك
k

23
ل
l

24
م
m

25
ن
n

26
و
w

27
هـ
h

28
ء

29
ي
y


2.      Bacaan Tasydīd
Untuk bacaan tasydīd, huruf yang bersangkutan ditulis ganda sebagaimana bunyinya.

ARAB
LATIN
السيد محمد المظفري
Al-Sayyid Muhammad al-Muzhaffarī
المدرس المكرم الموقر
Al-mudarris al-mukarram al-muwaqqar

3.      Vokal
Dalam mengalihkan bunyi tulisan Arab ke dalam tulisan latin, vokal fathah ditulis dengan “a”, kasrah dengan “i”, dlammah dengan “u”.

ARAB
LATIN
مدرس المدرسة
Mudarris al-madrasah
السيد محمد بن علوي المكي
Al-Sayyid Muhammad ‘Alawī al-Makkī

4.      Bacaan Panjang
Untuk bacaan panjang (dalam ilmu qirā’ah disebut “madd”), vokal fathah ditulis dengan “Ā” atau “ā”, kasrah dengan “Ī” atau “ī” dan dlammah dengan “Ū” atau “ū”.

ARAB
LATIN
سلام على إبراهيم
Salām ‘alā Ibrāhīm.
الإسلام يعلو ولا يعلى عليه
Al-Islām ya‘lū wa lā yu‘la ‘alayh

5.      Bacaan Diftong
Diftong adalah huruf vokal ganda, misalnya bunyi “ai” dalam kata “santai” dan “au” dalam kata “kerbau”). Dalam pedoman transliterasi ini, bunyi diftong ditulis dengan “ay” untuk huruf yā’ mati atau “aw” untuk huruf wāw mati.

ARAB
LATIN
ابن تيمية، سليمان ، البيهقي
Ibn Taymiyyah, Sulaymān, al-Bayhaqī
الأوهام ، الأيدي ، يوم المولد
Al-Awhām, al-Aydī, yawm al-mawlid

6.      Huruf Tā’ Marbūthah ( ) atau  ( )
Tā’ Marbūthah ( ) atau  ( ) ditulis dengan bunyi huruf “h”, baik ketika ada pada kata yang berdiri sendiri ataupun kata yang bersambung dengan kata yang lain (mudlāf).

ARAB
LATIN
رائحة الجنة المسكية
Rā’ihah al-jannah al-miskiyyah
بداية المجتهد ونهاية المقتصد
Bidāyah al-Mujtahid wa Nihāyah al-Muqtashid

7.      Huruf Alif dan Lām ( ﻞﺍ )
Huruf Alif dan Lām ( ﻞﺍ ) tetap ditulis “al-“, meskipun bergandengan dengan huruf syamsiyyah, di mana bunyi “al-” melebur ke dalamnya. Meskipun tetap ditulis “al-”, namun pembacaannya harus tetap mencerminkan karakteristik huruf-huruf syamsiyyah.

ARAB
LATIN
روح الشّريعة الغرّاء
h al-syarī‘ah al-gharrā’.
جزيلة الصّالحة البرّة المحبوبة
Jazīlah al-shālihah al-barrah al-mahbūbah

8.      Huruf Yā’ Nisbah ( ياء النسبة )
Huruf Yā’ nisbah, baik untuk nama orang maupun untuk yang lainnya, apabila bergandeng dengan tā’ Marbūthah ( ﺔ ), maka ditulis sama dengan huruf yā’ tasydīd ( ياء المشددة ); jika tidak bergandeng dengan tā’ Marbūthah ( ﺔ ), maka ditulis sama dengan vokal panjang, yaitu “ ī ”.

ARAB
LATIN
حليمة السعدية
Halīmah al-Sa‘diyyah
النووي الجاوي البنتني
Al-Nawawī al-Jāwī al-Bantanī


B.    Penulisan Kata
Dalam sistem transliterasi, tulisan Arab dialihkan ke dalam tulisan latin kata per kata. Artinya, setiap kata ditulis secara mandiri dan terpisah dari kata sebelum dan sesudahnya. Hal ini berlaku bahkan untuk nama orang.
Bunyi fathah, kasrah dan dlammah pada setiap akhir kata tidak perlu ditulis. Kata yang bersangkutan ditulis selayaknya bunyi “bacaan berhenti” (waqf) dalam sistem pembacaan teks Arab. Bagitu juga halnya dengan bunyi tanwīn kasrah dan dlammah. Sementara bunyi tanwīn fathah dibedakan antara yang berada pada huruf tā’ marbūthah dan huruf lainnya. Untuk yang pertama, bunyi tanwīn tidak perlu ditulis, sementara untuk yang kedua, bunyi tanwīn fathah ditulis sebagaimana pengucapannya.

ARAB
LATIN
المصلحة عند الإمام الغزالي
Al-Mashlahah ‘ind al-Imām al-Ghazālī
الإصابة في تمييز الصحابة
Al-Ishābah fī Tamyīz al-Shahābah
الإسلام عقيدةً وشريعةً
Al-Islām ‘Aqīdah wa Syarī‘ah
لغةً واصطلاحا
Lughah wa Ishthilāhan
حنيفاً مسلماً
Hanīfan Musliman
عبد الله بن عبد الرحمن
‘Abd Allāh ibn ‘Abd al-Rahmān

C.    Penulisan Istilah
Istilah-istilah asing ditulis dengan huruf cetak miring, seperti maqāshid al-syarī‘ah dan tafsīr al-nushūsh. Sementara istilah-istilah atau nama-nama asing yang sudah diserap ke dalam Bahasa Indonesia ditulis cukup menurut pengucapan bangsa Indonesia dan tanpa cetak miring. Contohnya adalah Abdurrahman Wahid, Amin Rais, Mesir, Saudi Arabia, syari‘ah, Fakultas Ushuluddin, dan sebagainya.





KATA PENGANTAR


Alhamdulillah segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadiran Allah swt. Yang telah melimpahkan segala rahmat, taufik dan hidayahnya sehingga penulis mampu menyelesaikan skripsi yang berjudul: “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pelajaran Fiqih Materi Tata Cara Pengurusan Jenazah Di Kelas XB Ma Raudlatul Ulum II Putukrejo”.
Shalawat serta salam penulis haturkan keharibaan sang pendidik sejati Rasulullah saw, serta para sahabat, tabi’in dan para umat yang senantiasa berjalan dalam risalahnya.
Dengan selesainya laporan penelitian ini penulis tidak lupa menghaturkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangan baik material maupun spiritual.
Selanjutnya dengan segala kerendahan hati penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.      Kepada ayahanda dan ibunda sekeluarga yang senantiasa mendo’akan kami dan senantiasa memberikan dorongan material maupun darongan imaterial.
2.      Ketua STAI Al-QOLAM Putat Lor Gondang Legi Malang, yang telah memberikan bimbingan serta lindungan dalam pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK) berasal dari istilah bahasa Inggris Classroom Action Research.
3.      Dosen pembimbing sekeripsi, bapak Mudoffar, S.Ag., S. Pd., M.A., dan Hairul Puadi, M.A yang telah banyak membimbing saya dalam penyusunan skripsi ini.
4.      Kepala sekolah MA Raudhlatul Ulum II Putukrejo Gondang Legi Malang yang telah memberikan banyak bantuan pada saya dalam mengenal dan memahami lingkungan yang ada di sekitar MA Raudhlatul Ulum II Putukrejo khususnya siswa kelas XB.
5.      Guru bidang study mata pelajaran Fiqih yang banayak membantu saya baik dalam pengumpulan informasi maupun dalam berkomunikasi dengan siswi di kelas XB maupun di luar kelas.
6.      Wali kelas XB yang banyak membantu dalam proses mengenal siswi di dalam kelas.
7.      Semua siswi MA Raudlhatul Ulum II Putukrejo Gondang Legi Malang yang  selalu memabantu saya baik dalam proses belajar mengajar maupun dalam proses di luar kelas.
8.      Teman-teman mahasiswa STAI AL- QOLAM  semester VIII yang memberikan inspirasi dan motivasi dalam penyusunan skripsi.
9.      Semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu per-satu yang telah membantu mensukses kan penyusunan skripsi ini.
Akhirnya saya sebagai peneliti mengucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan selama beraktifitas dengan staf dan siswa,siswi MA Raudhlatul Ulum II Putukrejo Gondang Legi Malang.Dalam penyusunan laporan ini saya sadar masih jauh dari kata kesempurnaan, oleh karena itu kritik konstruktif demi perbaikan karya tulis kami di masa mendatang sangat kami harapkan. Laporan ini saya buat dengan sebaik-baiknya tanpa mengurangi akurasi dan kevalidan data yang ada.Saya tidak dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat, semoga amal baik bapak/ibu guru serta semua siswa,siswi MA Raudhlatul Ulum II Putukrejo Gondang Legi Malang mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Sekali lagi saya ucapkan “ Syukron Khatshir” atas semua bantuan dari kalian saya tidak bisa membalas apapun yang bermakna, saya hanya bisa membalas semua ini dengan kata terima kasih yang tak terhingga dan do’a yang tiada henti, teriring do’a kami melangkah ke arah depan untuk menjadi insan yang lebih baik.



ABSTRAK


Najmal Falaq. 2014. Metode Demonstrasi dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Al-Qolam Gondanglegi Malang. Pembimbing I: Mudhofar, S.Ag.,S.Pd., M.A. Pembimbing II: Hairul Puadi, M.A.         .

Kata-kata Kunci: Metode Demonstrasi Dan Media Audio Visual, Pemahaman Siswa.
Fokus penelitian ini ditekankan pada analisis tentang: 1) Metode demonstrasi dan 2) bagaimana metode demonstrasi dan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa. Analisis dilakukan dengan mengombinasikan metode dan media tersebut dengan proses belajar mengajar siswa.
Dengan menerapkan pembelajaran demonstrasi, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa metode demonstrasi yang dipadukan dengan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman siswa. Metode tersebut saling berkaitan dalam peningkatan pemahaman siswa khususnya pada materi tata cara pengurusan jenazah.




ABSTRACT



Najmal Falaq. 2013 Demonstration Methods With Audio Visual Media To Improve Student Comprehension. Islamic Education Studies Program (PAI) STAI Al-Qolam Gondanglegi Malang. Supervisor I: Mudhofar, S.Ag., S. Pd., M.A. Supervisor II: Hairul Puadi, M.A.

Key Words: Demonstration Methods And Audio Visual Media, Understanding Students.
The focus of this study focused on an analysis of: 1) Method demonstrations and 2) how the method of demonstration and audio-visual media in increasing student understanding.
The analysis was performed by combining the methods and media with the learning process of students. By applying the demonstration of learning, this study resulted in the finding that the demonstration method combined with the audio-visual media can enhance students' understanding. The method is related in particular to increase student understanding of the material bodies of the maintenance procedures.






DAFTAR ISI




SAMPUL LUAR……………………………………………………………
i
HALAMAN JUDUL……………………………………………………......
ii
PERNYATAAN KEASLIAN……………………………………………....
iii
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING…………………………….
iv
HALAMAN PENGESAHAN………………………………………………
vi
HALAMAN MOTTO……………………………………………………….
vii
PEDOMAN TRANSLITERASI…………………………………………….
viii
KATA PENGANTAR………………………………………………………
xii
ABSTRAK…………………………………………………………………..
xv
DAFTAR ISI………………………………………………………………...
xvii
DAFTAR TABEL…………………………………………………………...
xix
BAB I
:
PENDAHULUAN



A.
Latar Belakang Masalah …….………………………...
1


B.
Rumusan Masalah …….............................................
6


C.
Tujuan Penelitian……………………………………....
7


D.
Kegunaan Penelitian…………………………………...
7


E.
penelitian Terdahulu…………………………………...
8


F.
Sistematika Pembahasan……………………………….
10
BAB II
:
PENGERTIAN METODE DEMONSTRASI, MEDIA AUDIO VISUAL, PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN TATA CARA PENGURUSAN JENAZAH



A.
Pengertian Metode..........................................................
11


B.
Metode Demonstrasi.......................................................
12


C.
Media Audio Visual…………….……………………...
20


D.
Peningkatan…………………………………………….
26


E.
Pemahaman…………………………………………….
27


F.
Pengertian jenazah……………………………………..
28
BAB III
:
METODOLOGI PENELITIAN



A.
Metode Penelitian…..………………………………….
41


B.
Jenis dan Pendekatan Penelitian……………………….
47


C.
Kehadiran Peneliti……………………………………...
48


D.
Setting Penelitian………………………………………
49


E.
Sumber Data…………………………………………..
50


F.
Teknik Pengumpulan Data……………………………..
51


G.
Teknik Analisis Data…………………………………..
54


H.
Teknik kalibrasi Keabsahan Data…………………….
61


I.
Prosedur PTK…………………………………………
62


J.
Instrumen penelitian…………………………………..
66


K.
Indikator Kinerja………………………………………
69
BAB IV
:
PAPARAN DATA DAN HASIL PENELITIAN



A.
Paparan Data.................................................................
70


B.
Pera Penelitian…………………………………………
72


C.
Hasil Analisis penelitian Siklus I……………………..
73


D
Hasil Analisis penelitian Siklus II…………………….
80


E.
Pembahasan dan Refleksi……………………………..
86
BAB V
:
PENUTUP



A.
Kesimpulan…………………………………………….
90


B.
Saran…………………………………………………...
92
DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN


                                             


Tulisan ini diposkan oleh: Najmal Falaq
Tgl./Bulan/Tahun            : 10 januwari 2015
Nomer telefon                  : 081555906438
Imail                                 : najmalfalah@yahoo.co.id




















                                              DAFTAR TABEL

Tabel 3.1.
:
Jadwal Penelitian………………………………………..
49
Tabel 3.2.
:
Indikator Penilaian Pemahaman Peserta Didik…………
56
Tabel 3.3.
:
Interval Sekor Pemahaman Peserta Didik…..……………
58
Tabel 3.4.
:
Indikator Demonstrasi Siswa……………………………
58
Tabel 3.5.
:
Interval Sekor Demonstrasi Peserta Didik………………
60
Tabel 4.1.
:
Sekor penilaian pemahaman peserta didik………………
75
Tabel 4.2.
:
Sekor demonstrasi peserta didik………………………….
76
Tabel 4.3.
:
Hasil tes formatif siswa…………………………………
77
Tabel 4.4.
:
Sekor penilaian pemahaman siswa……………………….
82
Tabel 4.5.
:
Sekor demonstrasi peserta didik………………………….
83
Tabel 4.6.
:
Hasil tes formatif siswa…………………………………
84
Tabel 4.7.
:
Peningkatan Pemahaman Peserta Didik………………….
86
Tabel 4.8. 
:
Peningkatan Pemahaman Peraktek Peserta Didik………
87
Tabel 4.9.
:
Peningkatan Hasil Test Peserta Didik……………………
88

No comments:

Post a Comment